Thursday, October 2, 2014

Contoh Promes



PROGRAM PEMBELAJARAN TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013

Mata Pelajaran         :   Bahasa Daerah Bali
Kelas / Semester        :   IV / I

No
SK / KD
Indikator
Materi
Pokok
Alokasi
waktu
BULAN
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1.













1.    Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan, nasehat, baca puisi, gending Bali, percakapan antar teman, petunjuk tugas.

1.1     Mendengarkan petunjuk, tugas, nasehat.

1.2     Mendengarkan percakapan













Ø  Mencari pokok penjelasan

Ø  Mengajukan pertanyaan


Ø  Meanggapi isi penjelasan
Penjelasan guru, nara sumber, pelajaran / secara lisan
2 X 35 menit
(1 X  pertemuan)
































No
SK / KD
Indikator
Materi
Alokasi
BULAN
Pokok
waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
2.
2.      Mampu mengungkap pikiran, perasaan, kemauan secara lisan, menceritakan pengalaman, memaparkan benda, peristiwa, seseorang, berdiskusi, melakukan percakapan, cermin peran dan menceritakan isi wacana, dongeng.

2.1     Berbicara, memperhatikan alur cerita.

2.2     Bercerita tentang kesenangan / perasaan.


2.3     Memaparkan benda, peristiwa, seseorang, sesuai dengan bentuk, warna dan sifatnya.








Ø  Mampu menyimak isi                                                                                                                                  wacana , dongeng.


Ø  Mampu mengulang kembali isi wacana, dongeng. Meringkas isi dan makna wacana, dongeng.


Ø  Mendramakan wacana, dongeng.


Satua bali
“Bagus Diarsa”
2 X 35 menit
(1 X pertemuan)































No
SK / KD
Indikator
Materi
Alokasi
BULAN
Pokok
waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
3.
3.    Mampu membaca wacana dengan teks huruf latin dan wacana beraksara bali dengan lancer. Membaca cepat, diam, intensif, membaca cerita prosa dan puisi bali anyar dan gending bali.

3.1      Membaca cerita / wacana.

3.2      Membaca aksara bali.


3.3      Membaca puisi bali anyar.




Ø Membaca intensif teks / wacana beraksara bali.

Ø Menjawab pertanyaan isi bacaan.

Ø Membaca puisi dengan intonasi yang tepat.

Ø Membaca dengan ekspresi yang tepat.

Ø Menyebutkan tema atau ide pokok .








Wacana beraksara bali, puisi bali anyar
2 X 35 menit
(1 X pertemuan)

































No
SK / KD
Indikator
Materi
Alokasi
BULAN
Pokok
waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
4.
4.      Mampu mengekspresikan berbagai pikirandan perasaan, pendapat dalam berbagai bentuk tulisan, narasi, deskrepsi, melanjutkan wacana, menyempurnakan kalimat, melengkapi bagan puisi bali anyar
4.1        Menulis aksara bali

4.2        Menulis / mengarang


4.3        Menulis puisi bali













Ø  Menulis kalimat yang ditekankan.

Ø  Mengarang dengan judul yang telah ditentukan.


Ø  Mengarang puisi dengan judul yang tersedia.
Aksara bali, puisi bali
2 X 35 menit
(1 X petemuan)































Previous Post
Next Post

0 comments: