Perbedaan Evaluasi Sumatif dan Evaluasi Formatif
|
Evaluasi
Sumatif
|
Evaluasi
Formatif
|
1.Pengertian
|
![]()
Dan
bagaimanapun , hasil yang peroleh dari tes sumatif tampaknya menjadi
keputusan akhir mengingat tidak adanya kesepakatan bagi guru untuk
memperbaiki kekurangan para siswa pada semester tersebut. Perubahan baru bisa
dilakukan pada tahun berikutnya atau sekedar bahan untuk penyempurnaan
semester berikutnya.
|
![]() |
2. Penilaian
|
![]()
Dari
apa yang telah dikemukakan, jelas kiranya bahwa penilaian sumatif tidak hanya
merupakan penilaian yang dilaksanakan pada setiap akhir semester, tetapi juga
dilaksanakan misalnya pada setiap modul, setiap akhir tahun ajaran ataupun
evaluasi belajar tahap akhir.
|
![]()
Dari
contoh tersebut, jelas bahwa penilaian formatif tidak hanya berbentuk tes
tertulis dan hanya pada akhir pelajaran, tetapi dapat pula berbentuk
pertanyaan-pertanyaan lisan atau tugas-tugas yang diberikan selama pelajaran
berlangsung ataupun sesudah pelajaran selesai. Dalam hubungan ini maka proses
dan post-tes yang bisaa dilakukan dalam sistem pelajaran termasuk dalam
penilaian formatif.
|
3. Ditinjau Dari Fungsi
|
![]() |
![]() |
4. Ditinjau Dari Waktu
|
![]() |
![]() |
5. Ditinjau Dari Titik Berat Penilaian
|
![]() ![]() |
![]() |
6. Ditinjau Dari Segi Alat Evaluasi
|
![]() |
![]() |
7. Ditinjau Dari Cara Memilih Tujuan
yang Dievaluasi
|
![]() |
![]() |
8. Ditinjau Dari Tingkat Kesulitan Tes
|
![]() |
![]() |
9. Ditinjau Dari Skoring
|
![]() |
![]() |
10. Fungsi
|
![]() |
![]() |
11. Manfaat
|
![]() 1) Untuk menentukan nilai 2) Untuk menentukan seseorang anak dapat atau tidak mengikuti kelompok dalam menerima program berikutnya 3) Untuk mengisi catatan kemampuan siswa (Arikunto, 1996: 36) |
![]()
1) Manfaat bagi siswa:
a) Digunakan untuk mengetahui apakah siswa sudah menguasai bahan program secara menyeluruh atau belum b) Merupakan penguatan bagi siswa dan memperbesar motivasi siswa untuk belajar giat c) Untuk perbaikan belajar siswa d) Sebagai diagnosa kekurangan dan kelebihan siswa
2) Manfaat bagi guru:
a) Mengetahui sampai sejauh mana bahan yang diajarkan sudah dapat diterima oleh siswa b) Mengetahui bagian-bagian mana dari bahan pelajaran yang belum dikuasai siswa
3) Manfaat bagi
program sekolah:
a) Apakah program yang telah diberikan merupakan program yang tepat atau tidak b) Apakah program tersebut membutuhkan pengetahuan-pengetahuan prasyarat yang belum diperhitungkan c) Apakah diperlukan alat, sarana,
dan prasarana untuk
mempertinggi hasil yang akan dicapai atau tidak
d) Apakah metode, pendekatan dan alat evaluasi yang digunakan
sudah tepat atau
tidak (Arikunto, 1996: 34-36)
|
12.Penggunaan Hasil Evaluasi
|
![]() a) Menentukan kenaikan kelas b) Menentukan angka raport c) Mengadakan seleksi d) Menentukan lulus tidaknya peserta didik e) Mengetahui status setiap peserta didik dibandingkan dengan peserta didik lainnya dalam kelompok yang sama. |
![]() 1. Atas dasar angka presentase peserta didik yang gagal dalam setiap soal. Guru dapat mempertimbangkan apakah bahan pelajaran yang bersangkutan dengan soal tes perlu dibicarakan lagi secara umum atau tidak. 2. Atas dasar angka presentase penguasaan kelas atas bahan yang telah disajikan, guru dapat menilai dirinya sendiri mengenai kemampuannya dalam mengajar. Jika angka itu belum mencapai kriteria keberhasilan umpamanya, maka guru akan mencari sebabnya dan kemudian ia akan memikirkan perbaikan-perbaikan apa yang perlu diadakan agar proses belajar mengajar dapat berjalan secara efisien dan efektif sehingga kriteria keberhasilan itu dapat tercapai. 3. Dengan mengetahui presentase jawaban yang benar dari setiap peserta didik dalam tes secara keseluruhan, guru dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan yang ada pada setiap peserta didik sehingga guru mendapat bahan yang dapat dijadikan sebagai dasar pertimbangan apakah peserta didik perlu dapat bantuan atau pelayanan khusus dari guru untuk mengatasi kesulitan dalam belajar. (Rohani dan Ahmadi, 1991: 173-175) |
DAFTAR PUSTAKA
Zahra.2011. Perbedaan
Evaluasi Sumatif Dan Evaluasi Formatif. Tersedia pada http://.gogle.com. Diakses tanggal 28 Maret 2013.
Rivanto.2012. Evaluasi Formatif
dan Evaluasi Sumatif. Tersedia pada http://.google.com.
Diakses tanggal 28 Maret 2013.
0 comments: